CIMG8105

KIPBIPA-ASILE 2012

APBIPA (Asosiasi Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) Indonesia adalah organisasi profesi yang beranggotakan guru BIPA dan lembaga penyelenggara BIPA di Indonesia. Misi utama APBIPA adalah memartabatkan Bahasa Indonesia dan memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia kepada orang asing.

APBIPA didirikan pada 1999 setelah penyelenggaraan Konferensi Internasional Pengajaran BIPA yang ke 3 di IKIP Bandung (sekarang Universitas Pendidikan Indonesia). Kegiatan utama APBIPA pada awalnya adalah menyelenggarakan KIPBIPA setiap dua tahun. Rangkaian KIPBIPA sejak awal adalah sbb:

KIPBIPA I – 1994 di UKSW, Salatiga
KIPBIPA II – 1996 di IKIP Padang
KIPBIPA III – 1999 di IKIP Bandung
KIPBIPA IV – 2001 di Denpasar (IALF Bali & APBIPA Bali)
KIPBIPA V – 2004 di Universitas Negeri Makassar
KIPBIPA VI – 2006 di Anyer, Banten (Untirta)
KIPBIPA VII – 2010 di Universitas Indonesia, Jakarta
KIPBIPA VIII – 2012 di UKSW, Salatiga
KIPBIPA IX – 2015 di Denpasar, Bali (APBIPA Bali)

Program-program yang sedang dikerjakan adalah penyusunan program sertifikasi pengajar BIPA, penerbitan jurnal ilmiah BIPA, dan penyusunan Uji Kemahiran BIPA (UKBIPA).

Nama APBIPA pertama kali digunakan oleh APBIPA Bali yang didirikan pada 1998 setelah pelaksanaan Lokakarya Metodologi Pengajaran BIPA yang pertama pada Oktober 1997. Sejumlah pegiatn BIPA dari berbagai lembaga di Denpasar bersepakat untuk mendirikan APBIPA Bali. Selanjutnya, nama APBIPA ini diusulkan dalam Rapat Peserta KIPBIPA III pada di Bandung.